MUSRENBANG RKPK SIMEULUE TAHUN 2021, TERAPKAN METODE VIDEO CONFERENCE DENGAN BAPPEDA ACEH

Kategori : Pemerintahan Selasa, 21 April 2020

simeuluekab ||


Sinabang. Bupati Simeulue H. Erli Hasim, SH., S.Ag., M.I.Kom beberapa sama Wakil Bupati Simeulue Hj. Afridawati dan Unsur Forkopimda menghadiri acara Musrenbang RKPK Simeulue tahun 2021 di aula Bappeda hari ini, Selasa (20/4).

Terkait dengan pendemi Covid-19, Pemerintah Daerah Kabupaten Simeulue dalam hal ini Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPK secara virtual dengan menggunakan aplikasi zoom join meeting.

Kepala Bappeda Kabupaten Simeulue Zulfadli Abidin, SE., Dalam kesempatan itu melaporkan,
Meskipun kita berada dalam suasana “Darurat Covid-19”, kita semua berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan Kabupaten Simeulue yang kita cintai ini. Dengan mengacu pada Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi.

 

Lebih lanjut dikatakan, untuk perencanaan pembangunan tahun 2021, rangkaian tahapan panjang sudah kita laksanakan dengan baik, yakni sejak Januari 2020, tahapan tahapan dimaksud yaitu:

1. Forum Konsultasi Publik, yang dilaksanakan pada 25 Februari 2020. 2. Musrenbang Kecamatan, yang dilaksanakan di 10 (sepuluh) kecamatan pada tanggal 9 - 10 Maret 2020.

Dapat kami sampaikan khususnya kepada Bappeda Provinsi bahwa di Kabupaten Simeulue masih terdapat pembangunan dari sumber dana APBA maupun DOKA yang teridentiflkasi statusnya “masih terbengkalai” dan “belum fungsional”, diantaranya: Pembangunan MIN Sinabang, Pembangunan Gedung PU Provinsi, Pembangunan Stadiun Olahraga, dan Irigasi Sefuluh.

Kepala Bappeda itu berharap pekerjaan tersebut, agar dapat ditindaklanjuti oleh Provinsi sehingga dapat difungsikan dan tidak terbengkalai sebagaimana mestinya, tutupnya.

Sementara itu Bupati Simeulue H. Erli Hasim, SH., S.Ag., M.I.Kom dalam arahannya menyatakan, Perencanaan pembangunan tahun 2021, merupakan representasi dari RPJMK Simeulue 2017-2022 yang bermuara kepada pencapaian kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.
Dalam perencanaan pembangunan untuk tahun 2021, pemerintah mengacu visi dan misi pemerintah yang telah dituangkan dalam RPJMK Simeulue Tahun 2017-2022.

Mengingat pentingnya kegiatan ini, Bupati menghimbau kepada seluruh peserta Musrenbang agar program/kegiatan yang dibahas dan disepakati merupakan program dan kegiatan yang benar-benar berdasarkan kebutuhan dan prioritas, bukan berdasarkan kepentingan pribadi atau golongan. Selain itu, program dan kegiatan yang diusulkan harus tetap merujuk kepada RPJMK Simeulue Tahun 2017-2022, sebagaimana telah ditetapkan melalui Qanun Kabupaten Simeulue Nomor 5 Tahun 2018, yang mana tema pembangunan daerah KabupatenSimeulue pada Tahun 2021, yaitu “Memacu Ekonomi Kerakyatan untuk Mempercepat Pembangunan, Pengurangan Kemiskinan dan Kesempatan Kerja”.

 

Lebih lanjut Bupati mengatakan, Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten Simeulue yang relatif kecil, maka proses perencanaan pembangunan Kabupaten Simeulue akan terus kita benahi, sehingga efisiensi anggaran bisa kita lakukan. Hal ini bertujuan agar program-program prioritas pembangunan daerah dapat ter-akomodir dengan baik demi kemajuan daerah kita tercinta ini.


Pada tahun 2021, proyeksi ketersediaan anggaran ekuivalen dengan APBK 2020. Karena itu melalui forum ini kami tekankan kepada Bappeda Kabupaten Simeulue agar melakukan penajaman, penyelarasan, dan klarifikasi Rancangan RKPK sesuai prioritas pembangunan tahun 2021. Dan usulan yang tidak tertampung melalui APBK agar dapat diajukan melalui sumber dana APBN, DAK, APBA, DOKA, dan TDBH MIGAS, ujar Bupati.

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32