ASISTEN II BUKA PELATIHAN KELEMBAGAAN PERTANIAN

Kategori : EKONOMI Jumat, 09 Agustus 2019

simeuluekab.go.id ||

Simeulue - Dalam mendukung perekonomian masyarakat, Pemerintah Kabupaten Simeulue terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, hal ini dibuktikan dengan dilaksankannya berbagai pelatihan diantaranya Pelatihan Kelembagaan Pertanian yang di gelar di Balai Penyuluh Pertanian di Desa Sua-Sua Kecamatan Teupah Tengah hari ini Rabu (7/8).

Pelatihan Kelembagaan Petani yang digagas oleh Dinas Pertanian Kabupaten Simeulue bertujuan meningkatkan kemampuan para petani dalam wilayah Kabupaten Simeulue yang diikuti kurang lebih 138 Orang peserta dari seluruh kecamatan.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari yang diikuti oleh para petani dalam wilayah Kabupaten Simeulue, masing - masing desa mengutus satu orang peserta, dan nantinya akan mengikuti rangkaian pelatihan selama tiga hari, kata Zulfata selaku Plt. Kadis Pertanian dalam laporannya. 

Zulfata memaparkan para peserta pelatihan akan mengikuti rangkaian pelatihan dasar, dan diharapkan akan terus berlanjut, hal ini dilakukan agar para petani mampu mewujudkan swasembada pangan pada tahun - tahun berikutnya, intinya semua makanan pokok yang di konsumsi harus berasal dari tanah Simeulue, tandasnya.

Mengingat sampai saat ini kebutuhan pokok beras mencapai 13 ribu ton pertahun dan 6 ribu ton diantaranya diimpor dari luar simeulue, artinya hampir setengah kebutuhan yang dipasok melalui kapal fery, ini merupakan tantangan bagi kita paling tidak kebutuhan kita terpenuhi, tambahnya.

Selain itu Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan mewakili Pimpinan Daerah dalam arahannya menyatakan, kepada seluruh peserta pelatihan diharapkan agar dapat melestarikan budaya pertanian yang telah berlangsung secara turun-temurun.

Melaui pelatihan ini saya berharap agar dapat mengikuti dengan sungguh - sungguh, mengingat pertanian ini merupakan andalan satu - satunya bagi kita, jelasnya.

Mengakhiri arahannya Asisten II itu mengatakan, saat ini pemerintah daerah terus memberikan perhatian pada pencapaian swasembada pangan dan pengembangan pertanian serta perkebunan salah satu pencapain yang kita lihat adalah launching beras simeulue, oleh karena itu mari kita capai simeulue yang sejahtera fokus melaksanakan kembali yang sudah menjadi tugas dan kewajiban kita, tutupnya.

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32