BUPATI SIMEULUE BUKA ACARA FGD SIMEULUE DALAM ANGKA

Kategori : Pemerintahan Senin, 05 Agustus 2019

simeuluekab.go.id

Sinabang. Bupati Simeulue H. Erli Hasim, SH, S.Ag, M.I.Kom membuka Focus Group Discusion (FGD) di Aula Bappeda hari ini senin (5/8).

FGD yang digagas oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Simeulue yang bekerjasama dengan Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Simeulue mengangkat tema Singkronisasi Data Simeulue Dalam Angka Melalui Penerapan Prinsip Satu Data, dan diikuti oleh SKPK terkait.

Joharman, SE selaku Kepala Dinas Kominsa Kabupaten Simeulue dalam Laporannya menyatakan, kegiatan FGD ini merupakan wujud kerjasama antara Badan Pusat Statistik dan Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kabupaten Simeulue dengan harapan dapat memantapkan pelayanan informasi data kepada semua lapisan masyarakat, yang merupakan implementasi dari undang - undang No 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi Publik, ujarnya.

Lebih lanjut Joharman mengatakan, tujuan dari kegiatan ini merupakan wadah ruang lingkup tanggungjawab SKPK dalam menyediakan informasi data publik diantaranya , mendorong terwujudnya implementasai undang - undang tentang keterbukaan informasi publik. Memberikan standar bagi pejabat SKPK dalam menyediakan data yang akurat untuk melaksanakan layanan informasi kepada Publik.

Semantara itu kepala BPS Kuswan Gunanto dalam laporannya mengatakan, data merupakan aset penting bagi setiap organisasi, termasuk pemerintah daerah data merupakan sumber terpenting dalam pengambilan keputusan dalam setiap perencanaan.

“Jika kita sepakat data itu penting, maka prasyaratnya data itu harus berkualitas artinya data harus akurat, mutakhir, atau update sehingga dapat dipertanggungjawabkan” jelasnya.

Selain itu Bupati Simeulue dalam arahannya mengatakan, hari ini hampir semua kita nyaris tidak bisa mengakses berbagai kegiatan kita dikarenakan kurangnya data. Maka dari itu dari sebuah rencana pembangunan dalam berbagai aspek data akan sangat penting, kata bupati.

Kepada seluruh elemen terkait untuk bisa mempersiapkan data yang berkualitas, disini dibutuhkan kerjasama yang solid, maka dari itu kepada para camat diharapkan agar menginformasikan kepada para kepala desa agar data setiap penduduk harus tetap yang terbaru, data ini akan berpengaruh pada semua aspek, tambahnya.

Di akhir arahannya Bupati berharap FGD ini kiranya bisa di jadikan sebagai acuan bagi kita semua untuk dapat mendapatkan hasil maksimal. FGD ini diharapkan bisa memberikan batasan waktu sehingga setiap orang yang memiliki kewenangan, terpacu untuk menyelesaikan tugas sesuai dengan batasan yang di tentukan, ucap Bupati mengakhiri sambutannya.

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32