SOSIALISASIKAN PRODUK HALAL, SEKDA UNGKAP KRITERIA PENILAIAN PRODUK HALAL

Kategori : Umum Kamis, 27 Juni 2019

simeuluekab.go.id||


Sinabang. Sekretaris Daerah Kabupaten Simeulue Ahmadlyah, SH membuka sekaligus menjadi pemateri dalam kegiatan Sosialisasi Produk Halal yang diadakan oleh Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Simeulue di Aula Islamic Centre, kamis (27/6).
Dalam sampaiannya Sekda menyatakan bahwa jangan menganggap sepele tentang halal dan haramnya produk yang kita gunakan sebab pertimbangan halal dan haram akan mempengaruhi nilai dan kualitas ibadah karena masalah ini bukan hanya menyangkut hubungan antar sesama manusia tapi juga hubungan dengan Allah SWT.
Lebih lanjut menurut Sekda penilaian halal ini memiliki bermacam kriteria penilaian produk terutama menyangkut tiga hal yakni halal zatnya, halal sifatnya dan halal semua bahan yang digunakan.
Produk Halal sendiri dapat di artikan sebagai produk yang beredar di masyarakat yang tidak mengandung unsur-unsur yang haram dan tidak mengandung zat-zat kimia berbahaya.
Bangun Karya, S.Sos, MM selaku sekretaris MPU mengatakan bahwa kegiatan Sosialisasi Produk Halal ini dimaksudkan agar masyarakat pelaku UKM, warung ataupun penjaja makanan paham dan mengetahui tentang pentingnya produk halal, baik yang di konsumsi oleh masyarakat serta tidak terjebak oleh produk produk yang beredar di pasaran namun tidak di ketahui halal haramnya.
Selanjutnya Bangun Karya menyatakan bahwa kegiatan tersebut juga dimaksudkan agar pelaku usaha mengetahui pentingnya sertifikat halal dan mengarahkan kepada peserta dan pelaku usaha untuk mensertifikasikan halal produk yang dijual kepada masyarakat.
Dengan adanya sertifikat halal pada produk yang di buat oleh pelaku usaha nantinya pemerintah melalui MPU bisa mengarahkan masyarakat maupun tamu untuk membeli produk yang telah di sertifikasi halal tersebut sebagai wujud penerapan syariah dan merupakan jaminan perlindungan yang juga telah di atur dalam undang-undang nomor 33 tahun 2014, tentang jaminan Produk Halal serta di kuatkan dengan Qanun Aceh Nomor 8 tahun 2016 tentang jaminan produk halal.

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32