ASISTEN II HADIRI SOSIALISASI PENINJAUAN KEMBALI RENCANA TATA RUANG WILAYAH KABUPATEN SIMEULUE

Kategori : Pemerintahan Senin, 25 Februari 2019

simeuluekab.go.id || 

Sinabang - Mewakili Pimpinan Daerah, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Zulfadli Abidin, SE didampingi oleh Sekretaris Dinas PUPR Edi Arsah ST menghadiri acara Sosialisasi Pelaksanaan Peninjauan Kembali (PK) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang berlangsung di aula Setdakab hari ini, Senin (25/2).

Sosialisasi Pelaksanaan Peninjauan Kembali (PK) RTRW yang di gagas oleh dinas PUPR diikuti oleh seluruh Camat dan Para Kadis dan Kabid Tata Ruang dan Pengembangan Wilayah PUPR Provinsi Aceh Muhammad Ikhsan, ST, MT, M. Eng sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut.

Sekretaris Dinas PUPR melaporkan tujuan pelaksanaan sosialisasi PK RTRW yang pertama adalah untuk memberikan petunjuk tentang tata cara pelaksanaan peninjauan kembali Rencana Tata Ruang Wilayah dan tata cara pelaksanaan penilaian terhadap kuantitas serta kualitas muatan RTRW kita dengan perkembangan dinamika pembangunan di Kabupaten Simeulue dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Yang kedua Qanun Kabupaten Simeulue Nomor 02 Tahun 2014 telah berusia 5 (lima) tahun sejak di tetapkan di Sinabang tanggal 12 Maret 2014 M dan sesuai arahan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2007 serta Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2010 bahwa RTRW dapat ditinjau 1 (satu) kali dalam 5 (lima) tahun, jelasnya.

Yang ke tiga bahwa melalui Surat keputusan Bupati Nomor 600/055/2019 Bupati Simeulue telah menetapkan Pelaksanaan Peninjauan kembali RTRW beserta Tim Pelaksananya dilakukan pada tahun 2019.

Sebagai Informasi perlu kami sampaikan juga bahwa mulai pertengahan tahun 2018, untuk wadah koordinasi tata ruang Kabupaten Simeulue yang kesekretariatannya berada di BAPPEDA Kabupaten Simeulue (organisasinya BKPRD) telah berpindah ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang melalui bidang tata ruang dengan nama kegiatan TKPRD atau Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah. TKPRD merupakan wadah koordinasi penataan ruang dan mempunyai fungsi membantu pelaksanaan tugas Bupati dalam melaksakan koordinasi penataan ruang daerah. Seperti mengeluarkan rekomendasi terkait rencana pemanfaatan ruang/wilayah untuk pembangunan infrastruktur dalam Kabupaten Simeulue (dalam bentuk surat rekomendasi/SKTR) dan hal yang terkait dengan koordinasi penataan ruang, tutup Edi.

Sementara itu Bupati Simeulue Melalui Asisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan Zulfadli Abidin, SE dalam arahannya menyatakan, Kegiatan pada hari ini berdasarkan amanat UU R1 Nomor 26 Tahun 2007 ayat 1, tentang penataan ruang, yang menyatakan bahwa “Rencana tata ruang dapat ditinjau kembali."

Peninjauan kembali atau review Rencana Tata Ruang suatu kawasan, dilakukan sesuai dengan tuntutan kebutuhan pembangunan dan perkembangan kawasan tersebut secara berkala sesuai kebutuhan, termasuk di Kabupaten Simeulue, ucapnya.

Asisten II berharap Peninjauan kembali Rencana Tata Ruang di Simeulue ini tetap mempertimbangkan dan menghormati hak perorangan atau hak sosial sesuai dengan UU, hukum adat atau kebiasaan yang berlaku di Kabupaten Simeulue yang tercinta ini. 
Mengakhiri sambutannya asisten II berpesan kepada seluruh peserta sosialisasi agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya serta mengamalkan ilmu dan pengetahuan yang didapat hari ini, tutupnya.

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32