PEMKAB SIMEULUE GELAR UPACARA PERINGATAN HARI IBU KE 90 TAHUN 2018

Kategori : Pemerintahan Sabtu, 22 Desember 2018

simeuluekab.go.id || Simeulue

Bupati dan wakil Bupati Simeulue bersama Unsur Forkopimda menghadiri upacara peringatan Hari Ibu ke 90 tahun 2018 di lapangan pendopo hari ini, Sabtu (22/11).

Pelaksanaan Upacara Hari Ibu ke 90 Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Bupati Simeulue H. Erli Hasim, SH, S.Ag, M.I.Kom, dan Bripka Rika Rahmi bertindak sebagai Komandan Upacara.

Inspektur Upacara menyampaikan amanat Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Yohana Yembise, mengucapkan selamat hari Ibu kepada seluruh Ibu dan Wanita di Kabupaten Simeulue. Semoga terus diberikan kesehatan dan keberkahan dalam seluruh pekerjaan dan kegiatan masing-masing, khususnya dalam mendidik para generasi penerus Simeulue yang akan melanjutkan seluruh cita-cita pembangunan Simeulue Sejahtera.

Inspektur Upacara mengajak untuk dapat terus memanjatkan doa kepada orang tua kita, khususnya para Ibu dan Istri yang telah mendahului kita, yang dengan pengorbanan darah dan air mata telah melahirkan, membesarkan, mendidik dan menjaga kita sehingga kita dapat menjadi seperti yang sekarang ini. Semoga Allah membukakan pintu surga yang sebesar-besarnya bagi mereka.

Berikut saya akan menyampaikan amanat Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia:

Hari Ibu Indonesia lahir dari pergerakan bangsa Indonesia. Dalam pergerakan kebangsaan kemerdekaan, peran perempuan Indonesia menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam perjuangan panjang bangsa ini untuk meraih kemerdekaannya.

Hakekat Peringatan Hari Ibu setiap tahunnya adalah mengingatkan seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi muda akan arti dan makna Hari Ibu sebagai sebuah momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan kaum perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Untuk itu sebagai apresiasi atas gerakan yang bersejarah itu, Peringatan Hari Ibu ditetapkan setiap tanggal 22 Desember sebagai hari nasional bukan hari libur. Peringatan Hari Ibu juga diharapkan mendorong semua pemangku kepentingan untuk memberikan perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan.

Peringatan Hari Ibu juga diharapkan dapat membawa pengaruh positif bagi peningkatan kualitas hidup, pemenuhan hak dan kemajuan perempuan. Dilain sisi Perempuan dan laki-laki keduanya adalah "parthnership" sekaligus sumber daya insani yang menentukan keberhasilan pembangunan nasional.

Bertepatan dengan Peringatan Hari Ibu ke-90 Tahun 2018 ini telah diusung tema "Bersama meningkatkan peran perempuan dan laki-laki dalam membangun ketahanan keluarga untuk kesejahteraan bangsa". 
Tema ini dibangun dengan melihat situasi dan kondisi bangsa Indonesia Tahun 2018 dan menyelaraskan dengan arah kebijakan pembangunan PP dan PA, sebagaimana telah tercantum dalam RPJMN 2015 - 2019 serta mewujudkan Nawacita sebagai salah satu agenda nasional.

Ketahanan keluarga menjadi pondasi dalam menerapkan kehidupan yang harmonis, damai, dan religius. Pelibatan semua unsur masyarakat dan multi stakeholder sangat diperlukan, termasuk peran laki-laki dalam kampanye-kampanye/ gerakan yang mendukung pencegahan kekerasan, dan pencapaian kesetaraan gender. He for She menjadi salah satu komitmen global yang harus digelorakan sampai akar rumput.
Untuk itu dengan terselenggaranya Peringatan Hari Ibu ke-90 Tahun 2018, saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada 6 (enam) pimpinan organisasi perempuan yaitu OASE, Kongres Wanita Indonesia (KOWANI), TP PKK Pusat, Dharma Pertiwi, Dharma Wanita Persatuan Pusat, Bhayangkari dan mitra kerja lainnya yang selalu bersama-sama terlibat dalam penyelenggaraan Peringatan Hari Ibu.

Harapan saya, Peringatan Hari Ibu ke-90 Tahun 2018 ini dapat mendorong terciptanya kesetaraan perempuan dan laki-laki dalam setiap aspek kehidupan.

Upacara yang berlangsung sekitar pukul 09:15 WIB diikuti seluruh Kepala SKPK, Organisasi Wanita, Satuan TNI Angkatan Darat, Satuan TNI Angkatan Laut, dan Satuan Polres Simeulue.

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32