BUPATI ERLI RESMI BUKA MUSDA MAJELIS PENDIDIKAN DAERAH KABUPATEN SIMEULUE

Kategori : Pemerintahan Kamis, 06 Desember 2018

simeuluekab.go.id || Simeulue

Sekitar pukul 21.00 WIB malam "Bupati Simeulue, H. Erli Hasim, SH, S.Ag, M.I.Kom didampingi oleh Ketua MPD Kabupaten Simeulue, Hasly Adami serta pengurus MPD Kabupaten Simeulue menghadiri sekaligus membuka secara resmi Musyawarah Daerah (MUSDA) Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kabupaten Simeulue di Aula Wisma Harti, Rabu (5/12).

Ketua MPD Kabupaten Simeulue, "Hasly Adami menyampaikan “Bahwa acara musda ini adalah agenda 5 tahun sekali untuk memilih pengurus MPD Kabupaten.

Hasly juga melaporkan bahwa kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh MPD Kabupaten Simeulue antara lain, Dialog Dalam 10 Kecamatan dalam Kabupaten Simeulue, melakukan monitoring sekolah atas pelaksanaan beasiswa, monitoring penerimaan siswa baru, dan monitoring UN sekolah, pembinaan dan pelatihan komite sekolah, pelatihan kepala sekolah tentang manajemen, pelatihan kepala sekolah yang berwawasan dan berprestasi, rapat dengan instansi terkait, penyebarluasan informasi tentang pendidikan.

Zulfadli Abidin, SE selaku Ketua panita Musda menyampaikan “ malam ini kita akan melaksanakan pembukaan Musyawarah Daerah MPD sesuai dengan amanat qanun Kabupaten Simeulue nomor 9 tahun 2014 tentang Perubahan atas qanun nomor 18 tahun 2013 tentang susunan organisasi dan tata kerja Majelis Pendidikan Daerah, bahwa mekanisme pergantian pengurus MPD Kabupaten Simeulue dilakukan memalui musyawarah Majelis Pendidikan Daerah yang diselenggarakan setiap 5 tahun sekali.

“Zulfadli menambahkan "bahwa kegiatan Musyawarah Daerah (MUSDA) telah dianggarkan dalam DPA Kantor Majelis Pendidikan Daerah tahun anggaran 2018, dimana dalam kegiatan ini diikuti 100 orang peserta dari 10 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Simeulue, yakni dari utusan dari Kecamatan Simeulue Timur sebanyak 20 orang, utusan dari Kecamatan Teupah Tengah sebanyak 4 orang, utusan dari Kecamatan Teupah Selatan sebanyak 14 orang, utusan dari Kecamatan Teupah Barat sebanyak 9 orang, utusan dari Kecamatan Teluk Dalam sebanyak 6 orang, utusan dari Kecamatan Simeulue Tengah sebanyak 9 orang, utusan dari Kecamatan Simeulue Cut sebanyak 4 orang, utusan dari Kecamatan Salang sebanyak 12 orang, utusan dari Kecamatan Simeulue Barat sebanyak 15 orang, dan utusan dari Kecamatan Alafan sebanyak 7 orang” tambahnya.

“Besar harapan kami kegiatan Musyawarah Daerah ini salah satu agendanya adalah memilih pengurus Majelis Pendidikan Daerah Periode 2019 – 2024 dapat berjalan dengan baik dan lancer serta menghasilkan pengurus yang amanah, kreatif dan inofatif dalam memajukan pendidikan di Kabupaten Simeulue.

Sementara itu Erli Hasim "Bupati Simeulue dalam sambutannya mengatakan “Pendidikan di Kabupaten Simeulue telah mulai mengalami beberapa kemajuan positif dalam kurun waktu setahun terakhir.

" Dalam perkembangannya, pendidikan di daerah kita ini masih memiliki beberapa kendala yang berkaitan dengan mutu pendidikan, diantaranya adalah keterbatasan akses pada pendidikan teknologi, jumlah guru yang belum merata, serta kualitas guru yang masih terbatas, "Ucap Erli.

Erli menambahkan" Dalam program kerja yang telah kami susun, pendidikan merupakan salah satu dari misi utama yang direncanakan akan bersama-sama kita prioritaskan untuk dibenahi, dengan misi yaitu “Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas Untuk Menghasilkan Sumber Daya Manusia Yang Unggul dan Berdaya Saing”.

Khuus bagi MPD, hari ini saya ingin kembali mengingatkan lagi terhadap tugas dan fungsinya bersama dengan Pemerintah, yaitu Sebagai badan pemikir dan pemberi pendapat serta pertimbangan kepada Pemerintah Daerah, mengenai pendidikan dan sebagai badan penggerak masyarakat untuk berpartisipasi dalam membangun dan meningkatkan mutu pendidikan, selain itu MPD juga berfungsi sebagai badan pengawas pelaksanaan kebijakan dan program-program pendidikan serta berperan sebagai mediator antara masyarakat, Pemerintah, antara sekolah, keluarga dan masyarakat, "tambah Erli.

Erli berharap bahwa Musda ini akan melahirkan beragam nilai positif bagi pembangunan pendidikan di Simeulue, kemudian beliau menghimbau kepada pengurus yang nantinya akan bertugas, agar dapat menjalankan tugas dan kewajiban dengan sebaik-baiknya, tutup Erli.

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32