BUPATI ERLI BUKA ACARA BURSA INOVASI DESA

Kategori : Pemerintahan Rabu, 05 Desember 2018

simeuluekab.go.id || Simeulue

Sinabang - Bupati Simeulue "H. Erli Hasim, SH, S.Ag, M.I.Kom didampingi unsur Forkopimda menghadiri sekaligus membuka acara Bursa Inovasi Desa di gedung serbaguna Kabupaten Simeulue, Rabu (5/12).

Kegiatan inovasi desa yang digagas oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), diikuti kurang lebih 300 peserta yang terdiri dari para Camat, Kepala Desa, dan Ketua BPD dalam wilayah Kabupaten Simeulue.

Kepala DPMD kabupaten Simeulue "Husin Alim selaku ketua panitia melaporkan, Penyelenggaraan kegiatan inovasi desa ini dilaksanakan berdasarkan amanat dari keputusan menteri Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI.

Kegiatan ini hadir sebagai upaya untuk mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa dengan memberikan bantuan referensi dan inovasi pembanguan  desa, ucapnya.

Lebih lanjut Husin Alim menyatakan, Bursa Inovasi Desa (BID) merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di daerah pedesaan, dan menjadi salah satu solusi terhadap keterbatasan kapasitas desa dalam menyelenggarakan pembangunan.

Pengendalian dan pemanfaatan sumberdaya yang memberikan langsung terhadap kesejahteraan masyarakat di desa hampir 90 persen lebih terfokus kepada pembangunan infrastruktur daripada pemberdayaan ekonomi masyarakat, jelas Husin.

Sementara itu Erli Hasim "Bupati Simeulue dalam arahannya menyatakan, mewakili segenap jajaran Pemerintah Kabupaten Simeulue, mengucapkan selamat kepada pihak penyelenggara atas pelaksanaan Bursa Inovasi Desa, Kabupaten Simeulue Tahun 2018. Semoga acara ini dapat berjalan sukses dan lancar dan dapat membawa sebuah semangat pembaruan terhadap kemajuan pembangunan Simeulue yang sejahtera.

SeIama empat tahun berjalannya Program Dana Desa di Kabupaten Simeulue, sejumlah besar dana telah disalurkan oleh Pemerintah. Hal ini diharapkan dapat membawa berbagai dampak positif dan perkembangan pembangunan serta pemberdayaan masyarakat di Desa. Namun dari pantauan yang kami Iakukan, terlihat bahwa program dan kegiatan yang dianggarkan dalam APBD masih bersifat pekerjaan flsik tanpa ada inovasi untuk mendukung pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ekonomi masyarakat di desa, "tambah Erli.

Meskipun sudah ada beberapa desa yang mulai berinovasi, namun secara garis besar dana desa yang diberikan belum memberikan dampak positif dalam peningkatan ekonomi masyarakat desa di Kabupaten Simeulue, ucapnya.

Bupati berharap, melalui Program Inovasi Desa (PID) kesejahteraan masyarakat akan dapat meningkat, peningkatan kapasitas desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa yang berkualitas.

Erli menghimbau, kepada seluruh peserta yang hadir, khususnya jajaran Pemerintah desa untuk dapat berkoordinasi dengan pihak Kecamatan dan pihak SKPK terkait, dan mulai melaksanakan upaya dan inovasi di desa masing-masing, tutupnya.

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32