Wagub Tinjau Rumah Sakit dan Pelabuhan Simeulue

Kategori : Pembangunan Daerah & Transportasi Selasa, 27 Maret 2018

simeuluekab.go.id | Simeulue

Simeulue – Wakil Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah, MT mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah Simeulue, Selasa 27/03/2018. Di sana, Wagub Nova bersosialisasi dengan para pasien yang tengah berobat dan dokter yang menangani pasien.

Kepada para dokter, Wagub berpesan untuk memberikan pelayanan terbaik, “tolong rakyat dilayani dengan baik ya” ucapnya pula.

Beberapa ruangan yang dikunjungi Wagub di RSUD Simeulue tengah proses pembangunan, di antaranya adalah Poli Hemoliadisa (Cuci Darah), Poli ini disebutkan akan segera difungsikan bulan depan.

Sementara beberapa ruangan lain, didapati belum sesusai standar, misal Ruang Bersalin, yang menurut Wagub butuh untuk segera direhab. Ruangan tersebut terlihat agak kusam, dan ranjangnya mulai berkarat, “Harus rehab berat ini” kata Wagub Nova. Beliau menyebutkan banyak hal yang harus dibenahi di Rumah Sakit tersebut. 

Selain itu beberapa ruangan masih berbau tak sedap, Wagub meminta agar pihak Rumah Sakit menyediakan pengharum ruangan di setiap ruang yang di tempati pasien, “Kalau nggak taruh bubuk kopi di atas piring, langsung netral bau ruangan” kata Nova.

 

Tinjau Pelabuhan Simeulue

Usai meninjau Rumah Sakit Wagub didampingi Bupati dan Forkopimda Simeulue mengunjungi Pelabuhan Penyeberangan Sinabang, Gedung Pelabuhan operasioanal itu baru selesai dibangun dengan APBA 2017. Setiap harinya, ada 3 (tiga)trayek Kapal Ferry yang melayani Barang dan Penumpang yaitu Labuhan Haji, Kuala Bubon dan Singkil.

Wagub Nova menyampaikan, kondisi gedung operasional pelabuhan sudah baik, namun kondisi dermaga sudah rusak dan butuh perbaikan segera, dolphin tempat penambatan kapal pun terlihat patah. Jadinya saat ini hanya satu kapal ferry yang bisa bersandar, jika kapal merapat berbarengan salah satu kapal harus merapat sementara ke pelabuhan lama di Kota Sinabang.

“Harus desain ulang untuk pelabuhannya. Tidak memadai ini” kata Wagub, “Kita akan usahakan di APBA dan APBN 2019”.

Pemkab Simeulue merencanakan untuk membangun satu pelabuhan lainnya di Sibigo Simeulue Bagian Barat, Karenanya Bupati Simeulue Erli Hasyim meminta dukungan dari Pemerintah Aceh.

Pembangunan pelabuhan di Sibigo dulunya telah Hampir dimulai, namun persoalan periizinan membuat pelabuhan tersebut urung dibangun. Saat ini dikabarkan Detail Engineering Desain (DED) telah selesai.

“Siapkan surat dan lampirkan DED-nya, nanti Saya akan sampaikan ke Menteri Basuki untuk pembangunan pelabuhan di Sibigo Simeulue Barat” Ujar Wagub.

 

 [Lismawadi],[Editor Koeswandi]

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32