Sekda Kabupaten Simeulue hadiri Tanam Padi Perdana Desa Lugu Kecamatan Simeulue Timur

Kategori : Pemerintahan Kamis, 22 Februari 2018

simeuluekab.go.id | Simeulue

Sinabang – Sekretaris Daerah Kabupaten Simeulue Ahmadliyah, SH bersama Dandim 0115 Simeulue, perwakilan Lanal Simeulue, perwakilan Polres Simeulue dan anggota DPRK Simeulue, melakukan tanam padi perdana dengan sistem legowo di kelompok tani Luan Simpang Desa Lugu Kecamatan Simeulue Timur, Kamis 22/02/2018.

Kepala Desa Lugu Rospian Nasran dalam laporannya menyampaikan sawah yang hari ini dikelola dan kemudian ditanami padi sebelumnya telah menjadi lahan tidur dalam kurun waktu yang lama, hal ini dikarenakan banyaknya kendala yang dialami masyarakat setempat dalam mengolah lahan mereka, Ucapnya.

‘’Sebelum mengolah sawah masyarakat terlebih dahulu harus membelah kayu untuk kemudian dijadikan pagar, sedangkan membuat pagar saja membutuhkan waktu hampir dua bulan, ditambah lagi saat pengairan sawah harus menunggu curah hujan, ujar Kades tersebut”. Di sela-sela laporannya kades Rospian juga berharap agar Pemerintah Daerah dapat membantu program pertanian di desanya, berupa pembangunan irigasi dan ruas jalan menuju areal persawahan.

Menyahuti permohonan Kades tersebut, Hamsipar selaku anggota DPRK Simeulue menyampaikan, untuk pembangunan irigasi di Desa Lugu tersebut akan diupayakan dari dana aspirasinya pada Tahun 2019 mendatang, namun Hamsipar berpesan kepada Pemerintah Daerah agar kiranya pembangunan irigasi pada Desa-desa dalam wilayah Kabupaten Simeulue hendaknya lebih tepat sasaran, mengingat hampir seluruh irigasi yang telah dibangun oleh Pemda Simeulue tidak dimamfaatkan, namun beliau tidak mengatakan Desa mana yang dimaksud.

Sementara itu Sekda Simeulue Ahmadliyah, SH dalam arahannya mengatakan, sebelum sampai di lokasi penanaman padi perdana, masih begitu banyak lahan kosong yang menantang kita kedepan, jika dibandingkan dengan daerah lain misalnya di daerah pulau jawa tidak satu meter pun lahan kosong yang diabaikan meski hanya ditanami kangkung cabut dan serai.

Terkait penyampaian Kepala Desa, Sekda mengapresiasi atas kinerja Kades yang telah menghidupkan kembali semangat petani yang selama ini telah redup selama kurang lebih hampir 26 Tahun.

Terkait penanaman padi perdana tersebut Sekda berpesan kepada para Kepala Desa, khususnya Desa Lugu sendiri agar dapat membangkitkan semangat kerja para petani, hingga kedepan hasil pertanian dapat dijual ke pihak terkait dan dipasarkan kembali tanpa harus mengimpor hasil dari luar Simeulue.

 

[Lismawadi],[Editor Koeswandi]

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32