Rektor Unmuha Buka Tabliq Akbar Peringatan 13 Tahun Tragedi Tsunami

Kategori : Religi Selasa, 26 Desember 2017

simeulue.go.id | SIMEULUE.

SINABANG - Bupati dan Wakil Bupati Simeulue beserta undangan lainnya turut berpartisipasi menghadiri acara Tabliq Akbar dan Doa Bersama dalam rangka memperingati 13 Tahun tragedi Tsunami Aceh yang terjadi pada 26 Desember 2004 lalu yang pusat gempa terjadi di Pulau Selaut Kab. Simeulue yang digelar di lapangan Pendopo Simeulue 26-12-207.

Acara keagamaan ini turut dihadiri oleh masyarakat Simeulue, serta penceramah dari luar kota Simeulue yakni Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh Dr. H. Muharrir Asy'ari. Lc., M. Ag.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri antara lain :
Bpk. Erli Hasim, SH. S. Ag. M. I. Kom, Bupati Simeulue, Ibu. Hj. Afridawati, Wakil Bupati Simeulue, Bpk Ansifar, anggota DPRK fraksi Partai Bulan Bintang, mewakili Ketua DPRK Simeulue, Mayor inf Renaldy, Kasdim0115/SML, mewakili Dandim 0115/SML, Lettu Laut (P) Usman Dani, Paur Sintel Lanal Simeulue, mewakili Danlanal Simeulue, Kompol Syahral Handani, Kabag OpsPolres Simeulue, mewakili Kapolres Simeulue, Heriansyah Lc., Ketua MPU kabupaten Simeulue, H. Salman, S.Pd. M.Ag, Kepala Kementrian Agama Kabupaten Simeulue, Para Staf Ahli Bupati, Para Asisten Setdakab Simeulue, Jajaran Unsur pimpinan SKPK Simeulue, Para Kepala Bagian di lingkungan Pemerintah Kabupaten Simeulue, Jajaran Anggota DPRK Simeulue, Para Tokoh Agama Kabupaten Simeulue, Para Tokoh Masyarakat Kabupaten Simeulue, Para Camat dan Muspika, Para kepala desa dan mukim, Para tamu undangan lainnya

Dalam hal ini Bpk. Drs. Rahminuddin selaku Kepala Badan keistimewaan Sosial Rakyat Setdakab Simeulue melaporkan, kegiatan ini memang sudah di rencanakan dari awal dan sudah dapat kami hubungi untuk penceramah sudah di pastikan dapat hadir ke Simeulue yaitu bapak rektor universitas Muhammadiyah Aceh, sementara itu untuk undangan dan himbauan kami juga sudah sampaikan baik melalui undangan elektronik yaitu Mela media Sosial dan pengumuman keliling dan pengumuman melalui mesjid mesjid dalam kota Sinabang lain nya.

Selanjutnya Penyampaian Tausyiah oleh Dr. H. Muharrir Asy'ari. Lc., M. Ag., Rektor UNMUHA Aceh yang menyampaikan Semakin tebal keimanan seseorang semakin sering diuji oleh Allah Swt. Berbagai macam bentuk ujian diantaranya ujian nikmat maupun ujian kesulitan/musibah. Ujian musibah sifatnya yang banyak dirasakan banyak orang contohnya musibah Tsunami yang kita peringati saat ini yang telah 13 lalu kita sama2 rasakan. Siapa orang2 yang bersabar mereka selalu mengucapkan "Inalilahi waina ilahi rojiun, sesungguhnya kami milik mu ya Allah dan kami beserta yang ada pada kami akan kembali padamu ya Allah"

Semua ujian harus kita nikmati dengan kesabaran dan kesadaran, karena musibah kematian itu pasti akan datang, baik lambat maupun cepat akan datang pada kita.
Dari musibah Tsunami ada beberapa pelajaran yang dapat kita ambil hikmahnya antara lain
a. Kita harus tetap istiqomah sebagai hamba dan mahluk ciptaan Allah SWT
b. Kita harus lebih mendekatkan  serta meningkatkan diri kepada Allah SWT dengan menunaikan ibadah sholat dan menjalankan segala perintah Nya .


Mengawali Sambutan Bupati Simeilue, Erli Hasim, SH. S. Ag. M. I. Kom, menyampaikan saya selaku Bupati Kabupaten Simeulue beserta segenap jajaran Pemerintah Kabupaten Simeulue mengucapkan terima kasih dan selamat datang atas kehadiran seluruh hadirin yang telah meluangkan waktu untuk hadir bersama-sama untuk melaksanakan zikir dan
doa bersama dalam rangka mengenang 13 tahun musibah tsunami Aceh. Pada pagi hari tanggal 26 Desember 2004 yang silam, gempa yang berkekuatan 9.1 skala ritcher mengguncang bawah laut Simeulue, yang mana dampak nya sangat lah dahsyat sehingga menimbulkan smong, atau yang lazim dikenal dengan istilah tsunami. Tsunami, yang merupakan gelombang laut maha dahsyat telah meluluhlantakkan berbagai daerah pesisir di sepanjang pantai Sumatera sampai dengan Thailand bahkan daratan Afrika. Allahu Akbar, Naudzubillahi min dzalik. Ketika itu, disaat Allah menunjukkan kekuasaannya dengan mengguncangkan bumi Simeulue dengan gempa maha dahsyat, Allah juga masih melindungi kita para penduduk Simeulue, yang hanya sebuah titik kecil di Samudera Hindia dan bahkan ditampilkan dalam beberapa peta atau bola dunia.

(syahrul.t)

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32