MPU Simeulue Keluarkan Fatwa Larangan Perayaan Tahun Baru

Kategori : Religi Rabu, 30 Desember 2015

Sinabang, Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Simeulue mengeluarkan fatwa larangan perayaan tahun baru Masehi untuk wilayah setempat.  Pada pergantian tahun 2015-2016 ini lembaga ulama tersebut menetapkan lima larangan.

Menurut para ulama, fatwa ini dikeluarkan menyusul perayaan tahun baru Masehi di Kota Sinabang pada tahun-tahun sebelumnya kerapa dirayakan dengan euforia. Seperti di Pelabuhan Kargo Sinabang, dan Pelabuhan Pertamina sering adanya letusan mercon dengan dentuman besar yang sangat mengganggu ketenangan warga sekitar

Atas pengalaman sebelumnya tersebut, MPU kemudian mengeluarkan lima larangan agar kejadian tahun-tahun sebelumnya tidak terulang kembali. Dengan fatwa tersebut, masyarakat juga akan memahami larangan euforia dalam perayaan tahun baru.  Adapun lima himbauan MPU Kabupaten Simeulue antara lain ;

Pertama - Memperingati atau merayakan tahun baru masehi (miladiyah) tidak ada di dalam syari’at Islam.

Kedua - Melakukan kegiatan ibadah, seperti Tabligh Akbar, Dzikir bersama,Yasinan, dan lain-lain, dengan maksud memperingati atau merayakan tahun baru masehi adalah merupakan perkara yang tidak disyari’atkan.

Ketiga - Melakukan hal-hal yang biasa pada ‘urf, seperti rekreasi, olah raga, dan lain-lain, adalah dibolehkan selama tidak melanggar syari’at, dengan beberapa ketentuan sebagai berikut:

Keempat - (A) berpakaian yang menutup aurat, (B) tidak terjadi ikhtilath (berbaur laki-laki dan perempuan yang bukan mahram), (C) Perempuan didampingi oleh mahramnya dan (D) tidak melakukan maksiat, seperti mabuk-mabukkan, judi, khalwat, dan sebagainya.

Kelima - kegiatan yang tidak sesuai dengan ruh ajaran Islam, seperti musik hingar-bingar, main petasan dan kembang api, menyalakan lilin, dan sebagainya agar dapat dihindari.

Terakhir, menghimabu kepada masyarakat agar mengindahkan taushiyah ini dan Pemerintah Kabupaten Simeulue serta pihak berwajib kiranya dapat melakukan pengawasan. Himbauan itu dikeluarkan dan ditetapkan 11 Rabi’ul Awwal 1437 H / 23 Desember 2015 M, ditanda tangani Ketua MPU Kabupaten Simeulue. Heriyansyah. (Admin).

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32