Hasil Survei BPPT, Laut Simeulue Didominasi Ikan Pelagis

Kategori : Potensi Pasar Jumat, 04 Desember 2015

Sinabang, Hasil survei Badan Peneletian Penerapan Teknologi (BPPT) Pusat pada Juli 2015 di sekitar perairan laut Kabupaten Simeulue mayoritas dihuni kelompok ikan jenis pelagis yang hidup berpindah-pindah pada musim-musim tertentu.

Ikan pelagis tersebut meliputi, ikan tuna, cakalang, tongkol, ikan layang, teri, kembung, kakap, tenggiri, gabu dan sejenisnya. Survei zonasi tata ruang kelautan perikanan Simeulue ini dilakukan dengan menggunakan teknologi canggih citra satelit. Konon, kelompok ikan pelagis ini menyebar banyak hingga ke perairan Samudera Hindia.

"Dalam survei ini memakai citra satelit ini turut juga diketahui suhu, arus, dan ombak di Kabupaten Simeulue. Kalau ikannya didominasi ikan pelagis yang hidup berkelompok,” kata Awaludin salah seorang tim survei BPPT Pusat.

Menurutnya, ikan pelagis sifatnya temporer dan berpindah-pindah atau tidak menetap bahkan berkembang biak di tempat lain luar laut Simeulue. Namun demikian, dalam waktu tertentu semisal musim hujan, ikan ini kembali ke sekitar perairan laut Simeulue.

Adapun ikan pelagis merupakan kelompok Ikan yang berada pada lapisan permukaan hingga kolom air, dengan ciri utama ikan pelagis, dalam beraktivitas selalu membentuk gerombolan (schooling) dan melakukan migrasi untuk berbagai kebutuhan hidupnya.

Untuk menangkap ikan pelagis tersebut, tambah Awaludin, sebaiknya para nelayan Simeulue sudah harus menggunakan peralatan berteknologi, tidak lagi mengandalkan peralatan tradisional sesuai kearifan lokal setempat.

“Pemkab Simeulue sudah harus melakukan sosialisasi supaya nelayan tidak mengandalkan tradisi peralatan tradisional dan beralih ke peralatan berteknologi,” katanya.  (Admin).

 

Sumber : http://habadaily.com/

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32