Perusahaan Cina Lirik Bisnis Rotan di Simeulue

Kategori : Potensi Pasar Rabu, 18 November 2015

Sinabang, Pengusaha asal Cina lirik bisnis rotan di pulau Simeulue. Perusahaan dari Tirai Bambu ini siap menampung rotan di Simeulue sekitar 1.000 ton setiap bulannya.

Rencana investasi ini disampaikan Mr He Zhuo Hui, senior perwakilan perusahaan Duorzi Rottomoro co.Ltd dan Fonhon Nonnoi Doonoi Tonwlino Co.Ltd, Cina pada pertemuan dengan Wakil Bupati Simeulue, Hasrul Edyar Selasa (17/11). Pada kesempatan itu, Mr He Zhuo Hui mengaku siap menampung rotan dari Simeulue.

"Kami siap membeli dan menampung rotan Simeulue, dalam satu bulan sekitar 50-100 kontainer atau sekitar 1.000 ton," kata Mr He Zhuo Hui.

Keseriusan investasinya, pihak perusahaan akan membangun gudang dan mesin pengolahan rotan di Simeulue. Baru kemudian rotan yang telah diolah itu diekspor ke beberapa negara, termasuk ke negara asalnya.

"Harga rotan yang dijual warga kepada kita juga tinggi, berbeda dengan kondisi harga yang ada saat ini sangat rendah, karena dijual kepada penampung, kemudian dikirim kepulau jawa,” imbuhnya.

Sementara itu Wakil Bupati, Hasrul Edyar mengaku harga rotan yang ditampung saat ini oleh pihak penampung asal pulau Jawa hanya mencapai Rp 9.000 perbatang dengan panjang sekitar 4 meter.

Bila terealisasi rencana investasui ini dapat menampung rotan yang dijual warga dengan harga mencapai Rp 20.000 perbatang dengan panjang yang sama.

"Kalau nanti terealisasi, harganya naik nyaris tiga kali lipat, dan sangat menguntungkan masyarakat. Kita doakan tercapai dan kita siap memfasilitasi apapun yang dibutuhkan perusahaan asal cina ini,” tukas Wakil Bupati.

Katanya, bila pun nantinya bahan baku yang tersedia di Simeulue tidak mencukupi. Pemerintah Simeulue akan mengajak kerjasama dengan kabupaten lainnya yang memiliki rotan. (Admin).

 

 

Sumber : http://habadaily.com/

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32