Menkes Luncurkan Program Nusantara Sehat di Simeulue

Kategori : Sosial & Kesehatan Selasa, 11 Agustus 2015

SINABANG - Menteri Kesehatan (Menkes), Nila Farid Moeloek bersama rombongan dari Kementerian Kesehatan RI mengunjungi Kabupaten Simeulue, Senin (10/8) kemarin. Saat di pulau penghasil lobster dan cengkeh ini, Menkes meresmikan peluncuran Program Nusantara Sehat.

Kunjungan kerja Menkes ke pulau ini disambut Bupati Simeulue, Drs Riswan NS beserta unsur muspida setempat. Hadir pula Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr M Yani MKes.

Setiba di Bandara Lasikin, Menkes dan rombongan langsung dibawa ke Pendapa Bupati Simeulue di Sinabang untuk mengikuti serangkaian penyambutan secara adat (peusijuek). Setelah itu Menkes temu ramah dengan seluruh unsur Muspida, PNS, dokter, dan perawat di RSUD Simeulue.

Menurut Menkes, peluncuran Program Nusantara Sehat 2015 itu adalah sebagai upaya Kabinet Kerja di bawah kepemimpinan Jokowi-JK untuk membangun kesehatan di daerah terpencil, perbatasan, dan kepulauan dalam Provinsi Aceh.

Selain itu, Menkes turut menyaksikan peresmian dua buah pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di Simeulue Barat, masing-masing di Teupah Tengah dan Sanggiran.

Meskes juga menyampaikan apresiasi kepada Bupati Simeulue yang telah mengupayakan adanya ambulans udara di Simeulue untuk membawa pasien darurat berobat ke Banda Aceh, ibu kota Provinsi Aceh. “Yang terpenting adalah kita menolong masyarakat,” katanya.

Menyangkut Program Nusantara Sehat itu, kata Menkes, sebenarnya bukan untuk tujuan kuratif, melainkan bagaimana seharusnya mengubah perilaku masyarakat di Simeulue. Sehingga masyarakat bisa memikirkan kesehatan dan mau hidup bersih dan sehat.

“Doa kami bukan untuk mendapatkan pasien sebanyak-banyaknya. Tapi doa kami adalah untuk mendapatkan masyarakat sehat yang akhirnya bisa bersaing di era globalisasi,” ujar Menkes.

Kunjungan kerja Menkes di Simeulue kemarin diakhiri dengan mengunjungi sebuah puskesmas di Kecamatan Simeulue Cut yang berada di kawasan pulau terluar Simeulue.

 

Sumber : Serambinews.com

Penulis : Sari Muliyasno

 

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32